Friday, August 21, 2020

Beralih dari metode pencatatan manual ke sistem Akuntansi berbasis Software

 Beralih dari metode pencatatan manual ke sistem Akuntansi berbasis Software




Pencatatan Akuntansi pada perusahaan adalah hal yang sangat penting. Pencatatan Akuntansi berhubungan dengan transaksi Pembelian, Penjualan, dan beberapa transaksi lain yang akan digunakan untuk laporan keuangan perusahaan.

beberapa unit usaha masih menggunakan pencatatan secara manual. Kebanyakan hal itu dikarenakan beberapa hal diantaranya karena SDM enggan untuk beralih ke sistem baru karena dirasa akan merepotkan jika harus memulai suatu program baru.
namun tidak bisa dipungkiri, pencatatan secara manual memiliki beberapa kelemahan, diantaranya :


1. Membutuhkan Waktu kerja lebih lama

Pencatatan akuntansi secara manual membutuhkan SDM yang handal dibidang Akuntansi. tidak hanya seorang akuntan. Terkadang perusahaan juga membutuhkan Auditor. Jika ada data yang ternyata salah akibat human error, maka anda harus memperbaiki kesalahan laporan keuangan tersebut secara manual juga. karena pengujian laporan keuangan juga memerlukan tingkat ketelitian dan akurasi yang tinggi.  hal ini akan membuat waktu kerja lebih lama.


2. Keterbatasan Akses

Pencatatan secara manual memang masih banyak di pakai oleh beberapa perusahaan. keterbatasan akses menjadi kendala yang juga penting. kebanyakan, sebagai pelaku usaha biasanya kita ingin mendapatkan informasi terkait laporan transaksi secara cepat dan realtime. namun jika menggunakan cara manual, maka akses tersebut akan susah, data yang tidak terupdate otomatis akan menyulitkan anda untuk memantau pencatatan secara realtime.


3. Lemahnya pengawasan dan Kontrol

Pencatatan secara manual juga akan mempersulit pengawasan dan kontrol. biasanya laporan keuangan hanya diakses oleh pihak- pihak yang berkaitan dengan divisi akuntan atau keuangan. Tentunya divisi terkait akan menjaga kerahasiaan data- data penting tersebut agar tidak mudah diakses oleh divisi lain. namun ada kalanya beberapa pihak bisa menyalahgunakan dan memanipulasi data yang sering kali memicu terjadinya tindakan kecurangan.


4. Resiko Kehilangan Data

Kehilangan data adalah sesuatu yang sangat krusial, apalagi data tersebut adalah data penting seperti laporan keuangan perusahaan dan beberapa pencatatan transaksi lainnya. namun jika anda masih menggunakan pencatatan secara manual, resiko kehilangan data akan semakin besar. beberapa user mungkin tanpa sengaja membuat kesalahan pencatatan ataupun kecerobohan tindakan yang dapat membuat data anda rusak atau hilang.




Nah, setelah melihat beberapa kelemahan pencatatan/ pembukuan manual diatas, maka solusi terbaik adalah beralih dari Sistem manual ke sistem otomatis / komputerisasi.

Di Era digital seperti saat ini, sudah banyak sekali Software Akuntansi yang menawarkan berbagai kemudahan untuk pencatatan transaksi keuangan. Salah satunya, ACCURATE Accounting Software. ACCURATE merupakan salah satu Software Akuntansi Terbaik untuk berbagai permasalahan seputar pencatatan transaksi keuangan. yang tentunya dapat meminimalisir beberapa kelemahan yang ada pada sistem manual.

Didalam Software Accurate, terdapat beberapa macam Modul yang dapat digunakan untuk kegiatan pencatatan transaki seperti penjualan, pembelian, general ledger dsb. Untuk melihat varian produknya anda bisa KLIK DISINI

Selain itu, sebagai Software Akuntansi yang terintegrasi, ACCURATE memiliki banyak keunggulan. keuntungan dan keunggulan menggunakan Software Akuntansi ACCURATE antara lain :

1. User Friendly

Accurate dirancang dengan mudah dan menyenangkan untuk digunakan, bahkan oleh user yang baru mulai mempelajari komputer dan akuntansi. selain itu, sebagian besar penginputan data transaksi menggunakan formulir yang mudah dipahami dan seringkali ditemui dalam keseharian, sehingga pengguna tidak perlu merasa cemas akan salah dalam menginput transaksi, dan tidak perlu bingung mana yang debet dan mana yang kredit, program secara otomatis akan mencatat jurnal tersebut untuk anda.

2. Sesuai Standard PSAK Indonesia & Modul E- Faktur

ACCURATE adalah Program/ Software Akuntansi buatan Cipta Piranti Sejahtera. Yang pasti Software lokal ini disesuaikan dengan PSAK (Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan) Indonesia. dan saat ini ACCURATE juga sudah menyediakan  Modul E- Faktur. transksi penjualan dan pembelian langsung otomatis terposting di pajak masukan dan pajak keluaran, yang nantinya file E- Faktur ACCURATE dapat di ekspor- dan di impor ke website Dirjen Pajak. Dengan kata lain, anda tidak perlu melakukan input 2x untuk meminimalisir kesalahan penginputan yang terkadang tidak disadari.

3. Sudah Teruji

ACCURATE adalah software akuntansi yang sudah berdiri tahun 1999, dimana Accurate dari versi 1 sampai dengan yang terbaru saat ini adalah versi 5, para developer ACCURATE selalu mengembangkan dan memperbarui programnya secara berkala. perusahaan yang sudah memakai accurate pun sudah mencapai lebih dari 100.000 pengguna.

4. Auto Posting & Auto Recalculate

Setiap transaksi yang telah diinput di software ACCURATE akan secara otomatis terupdate ke sistem. sebagai contoh jika anda mengentry sales invoice untuk penjualan maka nilai tersebut akan masuk ketagihan piutang perusahaan dan akan otomatis mengurangi stok barang. 

5. Proses Realtime

Salah satu keunggulan ACCURATE software adalah data yang diproses bersifat Realtime dan update. jadi anda dapat melihat dan mengecek laporan dan pencatatan transaksi kapanpun diperlukan.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang produk ACCURATE, anda bisa menghubungi saya.

Eka Arianti F
0822 3274 7689
eka.arianti@myabcshop.com



No comments:

Post a Comment