Saturday, May 25, 2019

ACCURATE Software Akuntansi terbaik di bidang Lembaga Pendidikan

ACCURATE Software Akuntansi terbaik di bidang Lembaga Pendidikan 

Lembaga Pendidikan merupakan suatu Organisasi yang kegiatan utamanya menyelenggarakan kegiatan pendidikan seperti Belajar mengajar, pelatihan, dan lain sebagainya.

Contoh lembaga pendidikan adalah Sekolah, kampus, Bimbingan Belajar dan kembaga lain yang berkaitan.

Dalam kegiatan operasionalnya, selain aktifitas belajar mengajar, lembaga pendidikan memiliki aktifitas yang berkaitan dengan transaksi keuangan.
Transaksi- transaksi tersebut penting untuk dicatat dengan baik dan rapi agar dapat dijadikan laporan keuangan yang berguna untuk pengambilan keputusan mengenai keuangan pada lembaga tersebut.

Transaksi Pembayaran uang Sekolah 

Contoh Transaksi yang terjadi di lembaga pendidikan

1. Pembayara Uang SPP
2. Pembayaran Uang Gedung
3. Pembayaran biaya lain yang berkaitan dengan biaya pendidikan siswa

Koperasi Sekolah 
                                                               
Selain mencatat Transaksi diatas, beberapa lembaga pendidikan biasanya memiliki lini usaha sampingan, seperti Koperasi sekolah. Biasanya pada koperasi sekolah tersebut menjual beberapa perlengkapan dan peralatan penunjang kegiatan belajar mengajar. anda juga mencatat beberapa hal untuk koperasi sekolah seperti :

1. Mencatat Stok
2. Melakukan pembelian ke Supplier
3. Mencatat Penjualan

Inventaris Aset Sekolah 

Pada lembaga Pendidikan juga biasanya perlu untuk mencatat Aset Inventaris sekolah, menghitung penyusutan dari Aset- aset yang dimiliki untuk kegiatan operasional di lembaga pendidikan tersebut.
Untuk Memudahkan pencatatan transaksi- transaksi di atas, anda dapat menggunakan Program Akuntansi ACCURATE.

Permudah Pencatatan dengan Software Akuntansi ACCURATE 



ACCURATE Merupakan salah satu Software Akuntansi terbaik yang dikembangkan Oleh CPSSoft. Software ini dibuat berdasarkan standard Akuntansi Indonesia / PSAK. Yang tentunya membuat software ini dapat dan sesuai dipakai di semua bidang usaha. Termasuk pada Instansi Pendidikan seperti yang kita bahas di atas.


Penerapan ACCURATE pada lembaga Pendidikan 

Terkait dengan transaski pembayaran SPP, uang Gedung atau lainnya oleh siswa, disini kita dapat memakai fitur Penjualan. Siswa dalam hal ini kita anggap sebagai customer. kita buat Faktur Penjualan dan melakukan Pembayaran. untuk Tampilan Form masih dapat anda ubah Tampilan seperti dibawah ini :



Untuk Pencatatan jual beli pada Koperasi sekolah, anda dapat menggunakan fitur Persediaan. Disini anda dapat menggunakan fitur Barang dan jasa untuk mencatat Stok.
selain mencatat stock anda juga dapat mencatat pembelian ke supplier dan mencatat penjualan ke siswa.



Untuk pencatatan Aset yang dimiliki oleh lembaga pendidikan, misalnya Gedung, Kendaraan, Dsb . anda dapat menggunakan Fitur Asset Tetap pada Software ACCURATE. anda perlu menginput Aset anda dan memilih metode penyusutan yang akan anda gunakan. dengan demikian ACCURATE akan menghitung Penyusutan secara otomatis.




Demikianlah beberapa penjelasan singkat Program Akuntansi ACCURATE dan penerapannya pada lembaga pendidikan. selain Modul diatas, ACCURATE juga memiliki Modul dan fitur lain yang lengkap yang dapat digunakan di berbagai macam bidang usaha.

Jika anda membutuhakan informasi lebih lanjut tentang Software Akuntansi ACCURATE, Silahkan hub. kontak dibawah ini : 


Eka Arianti F
eka.arianti@myabcshop.com




No comments:

Post a Comment