Saturday, February 8, 2020

5 Tips Jitu Membuat Bisnis Jadi Mudah dan Sukses

5 Tips Jitu Membuat Bisnis Jadi Mudah dan Sukses




Bisnis merupakan suatu kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan maksud menghasilkan laba atau keuntungan. sebagai negara berkembang, diindonesia sudah banyak sekali masyarakat yang mulai terjun ke bidang bisnis, karena dianggap pilihan tepat untuk memperoleh Penghasilan. 
Tentunya untuk anda yang baru memulai ataupun sudah menjalankan bisnis, anda ingin bisnis anda dijalankan dengan mudah dan sukses, apa saja faktor yang dapat membuat bisnis anda berkembang dan menjadi sukses dikemudian hari ?
Yuk Simak Tips nya !
5 Tips jitu membuat bisnis jadi mudah dan Sukses
1. Kenali Alur Bisnis anda
Penting untuk anda mengetahui secara lengkap dan detail tentang Bisnis yang sedang anda jalankan saat ini. Hal ini akan mempermudah anda untuk melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengambilan keputusan di kemudian hari.  anda harus paham betul bagaimana Alur bisnis anda secara Internal dan dan secara eksternal. 

Untuk memahami secara internal anda perlu menemukan dan memastikan konsep yang tepat agar bisnis yang sedang anda jalani sudah berjalan sesuai alur yang tepat. hal ini berguna untuk mempercepat segala pekerjaan yang ada di lingkup internal dan mempermudah tracking pekerjaan. memperjelas bagian - bagian kerja dan ruang lingkup kerja. Miliki SOP yang tepat dan konsisten jalankan SOP dengan baik.

secara eksternal, anda perlu mengetahui pula tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis anda di luar sana. melakukan Analisa Bisnis anda secara berkala. terus mempelajari hal yang berkaitan dengan bisnis and, dsb. hal ini juga untuk memudahkan anda untuk menjalin kerjasama dengan pihak- pihak yang mungkin berkaitan.

2. Menjalin Relasi yang menyenangkan

Menjalin Kerjasama yang baik dengan Relasi merupakan Hal yang harus anda lakukan. Relasi tidak hanya tentang siapa yang menjadi customer anda atau investor anda, namun juga para staff dan karyawan anda yang membantu terlaksananya suatu kegiatan bisnis anda secara keseluruhan. Buatlah suasana yang menyenangkan dan kondusif. Jadikan setiap pertemuan Anda menjadi lebih berarti dan bermanfaat untuk setiap relasi anda. Tanamkan Bahwa Suatu bisnis yang anda jalankan merupakan suatu hal yang saling terkait dan memiliki ketergantungan satu sama lain. dengan begitu Setiap Relasi anda akan mulai memikirkan cara untuk tetap bekerja sama dengan anda. Bantuan dari relasi- Relasi anda Ini akan memudahkan bisnis anda untuk menjadi semakin berkembang sukses kedepannya. 
3. lakukan promosi menarik di media sosial, website, dan platform online lainnya
Tidak dapat dipungkiri, di era digital seperti saat ini, platform online di internet merupakan suatu yang penting di kalangan sosial dan bisnis. menurut Survey yang pernah dilakukan oleh keminfo, negara indonesia menempati posisi ke-6 dunia yang memiliki tingkat konsumsi yang tinggi terhadap internet , termasuk media sosial. hal ini dapat anda manfaatkan untuk mengambil keuntungan yang lebih banyak lagi untuk mengembangkan bisnis anda. buatlah sesuatu yang unik yang dapat menarik perhatian target pasar bisnis anda. beberapa cara dapat anda lakukan seperti :
  • Membuat Website dan Rutinlah menulis artikel tentang hal yang berkaitan dengan bisnis anda. 
  • Promosikan Produk anda dibanyak media sosial yang sedang digemari oleh masyarakat. 
  • Gunakan Fasilitas Iklan Gratis maupun Berbayar yang tersedia di internet. 
4. Gunakan Program Pembukuan untuk operasional
Ingin Bisnis Jadi mudah ? Program Pembukuan menjadi salah satu hal yang penting dan menjadi jawaban. Program Pembukuan akan secara otomatis mengelola transaksi yang anda catat menjadi sebuah laporan - laporan yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan/ bisnis. Bayangkan Jika Bisnis anda sedang Ramai, aktifitas Operasional anda padat, dan permintaan pasar yang luar biasa banyak. anda akan kesulitan untuk mengontrol banyak hal yang berkaitan dengan transaksi- transaksi anda, stock barang anda, hutang piutang anda dan lain sebagainya. 
Jangan Biarkan hal ini berlarut- larut, karena lambat laun berpotensi membuat bisnis anda menjadi berantakan. 
Segeralah untuk mempertimbangkan memakai Program akuntansi, sebagai awal yang mudah ! walaupun idealnya program akuntansi tidak dapat mengcover kebutuhan operasional secara menyeluruh, setidaknya ada banyak pekerjaan yang terbantu terselesaikan dengan cepat dan akurat. Anda sebagai Pemilik usaha juga di mudahkan untuk pemantauan laporan Keuanngan secara berkala yang akurat.
Ingin Tau Alasan mengapa Software Akuntansi dapat mempermudah bisnis anda ?? Klik Disini
5. Jangan berhenti mencoba hal baru
Ada banyak sekali yang terjadi di dunia Setiap detik, Setiap menit, setia jam dan setiap hari nya. Tren, Pola pikir, minat, Gaya Hidup di masyarakat dapat berubah dan beralih dengan begitu cepatnya. bergegaslah, anda perlu membaca situasi ini dengan baik. Dalam melakukan Bisnis tentunya anda memiliki Produk (Berwujud/ Tidak berwujud). Produk yang baik adalah produk yang banyak dibutuhkan dihampir setiap kalangan masyarakat. Walaupun begitu, Tidak mengapa anda memiliki Produk tertentu yang hanya diminati oleh sebagian kalangan, yang terpenting adalah anda memiliki target Pasar yang jelas. 
Anda dapat mengambil keuntungan untuk setiap perubahan secara global dengan cara menciptakan ide- ide baru yang berkaitan dengan Produk yang anda tekuni. Cobalah menciptakan hal baru di tiap periode, agar menarik pasar yang anda targetkan. dan Jangan Berhenti membuat Strategi , Menganilisis Pasar, dan yang terpenting adalah Konsistensi. Jangan Berhenti Mencoba. 
Bisnis Jadi Mudah dan Sukses

Nah Demikianlah 5 Tips Jitu untuk membuat Bisnis anda jadi mudah dan sukses. Setiap Pengusaha memiliki Cara tersendiri dalam mengembangkan bisnisnya, Namun Semoga Tips diatas bisa jadi referensi untuk anda. 
Selamat Mencoba !

Eka Arianti F
eka.arianti@myabcshop.com


No comments:

Post a Comment